Yang mempengaruhi perubahan berat badan pada wus akseptor kb

Penanggulangan dan Pengobatan 1.

PERUBAHAN BERAT BADAN PADA PESERTA KONTRASEPSI SUNTIK

EGC Bagi Peneliti selanjutnya Mengingat adanya keterbatasan pada alat ukur dan jumlah sampel yang kecil pada peneliti, disarankan untuk peneliti selanjutnya menggunakan sampel yang lebih besar dan menggunakan alat ukur lain seperti cheklist atau pertanyaan terbuka agar hasil penelitian lebih akurat lagi.

Kes berisi tentang materi kesehatan, taushiyah agama Islam dan akreditasi Puskesmas. Oleh karena itu pemerintah harus melakukan pengendalian jumlah penduduk, salah satunya melalui program keluarga berencana KB.

Perubahan Berat Badan Perubahan berat badan adalah berubahnya ukuran berat, baik bertambah atau berkurang akibat dari konsumsi makanan yang diubah menjadi lemak dan disimpan di bawah kulit. Menurut Hartanto bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan berat badan.

Oleh karena itu Pemerintah terus berupaya untuk menekan laju pertumbuhan dengan Program Keluarga Berencana.

Gangguan lainnya secara langsung mempengaruhi berat badan seseorang misalnya luka yang menyebabkan perdarahan berat, kecelakaan yang menyebabkan rusak atau terpotongnya salah satu anggota tubuh kita. Buku Ajar Asuhan Kebidanan edisi 4. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Efek samping utama pemakaian DMPA adalah kenaikan berat badan. Notoatmodjo, Hal ini dikarenakan sebagian besar pengguna metode kontrasepsi suntik 3 bulan tidak mengetahui tentang efek samping penggunaan metode kontrasepsi suntik 3 bulan.

DMPA Depot medroxy progesterone acetate merangsang pusat pengendali nafsu makan di hipotalamus yang menyebabkan akseptor makan lebih banyak dari pada biasanya. Handayani, S. Untuk mengetahui apakah pendidikan berpengaruh terhadap pemilihan alat kontrasepsi IUD.

Mulyani, N. Pada wanita menopause dengan riwayat KB memiliki perubahan fisik yang hampir sama dengan perubahan fisik menopause tanpa KB, tetapi wanita menopause dengan riwayat KB memilki resiko penyakit hipertensi, dan kanker leher Rahim.

Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2 Edisi 3. Selain karena metode kontrasepsi suntikan dapat membantu mengurangi masalahmasalah kewanitaan yang paling dasar dan utama bagi kesehatan reproduksi, pemakaian suntikan KB aman dan efektif, namun akseptor harus menggunakan suntikan KB secara periodik atau setiap 3 bulan sekali harus melakukan kunjungan ke pelayanan kesehatan baik bidan, puskesmas ataupun ke dokter.

Lingkungan fisik.

Tampaknya terjadi karena bertambahnya lernak tubuh, dan bukan karena retensi cairan tubuh. Suryabrata, S. Progesteron juga menyebabkan nafsu makan bertambah dan penurunan aktivitas fisik.

Kekurangan dari kontrasepsi suntik adalah terganggunya pola haid diantaranya adalah amenorrhea, menoragia dan muncul bercak spottingterlambatnya kembali kesuburan setelah 4 penghentian pernakaian, perubahan berat badan. Fakultas Kedokteran Universitas Indoensia.

Tindakan Medis Anjurkan untuk melakukan diet rendah kalori dan olah raga yang proporsional untuk menjaga berat badannya. Dengan adanya nafsu makan yang lebih banyak dari biasanya tubuh akan kelebihan zat-zat gizi. Berat badan meningkat atau naik jika hasil penimbangan berat badan lebih besar dibandingkan dengan berat badan sebelumnya.

Penyebab pertambahan berat badan tidak jelas.Faktor yang mempengaruhi perubahan berat badan akseptor KB suntik adalah adanya hormon progesteron yang kuat sehingga merangsang hormon nafsu makan yang ada di hipotalamus.

Dengan adanya nafsu makan yang lebih banyak dari biasanya tubuh akan kelebihan zat-zat vsfmorocco.com: Dr.

Suparyanto, vsfmorocco.com Oleh karena itu pada pernakaian kontrasepsi ini sering dikeluhkan adanya penambahan berat badan. Untuk mendapatkan gambaran nyata tentang kejadian perubahan berat badan yang dialami akseptor kontrasepsi suntik maka perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kontrasepsi 5 suntik dengan perubahan beratbadan.

Berdasarkan data yang di peroleh dari BPS Statistik Kesejahteraan Rakyat di Indonesia pada tahunjumlah akseptor KB suntik menduduki tingkat pertama (51,08%), dan untuk tingkat Propinsi berjumlah peserta, sedangkan hasil survey BKKBN Kabupaten Lampung Timur (Desember ) jumlah PUSakseptor KB suntik dan untuk.

Dari survey awal yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa akseptor KB suntik banyak yang mengalami perubahan berat badan, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Perbedaan Perubahan Berat Badan Antara Akseptor KB Suntik 1 Bulan Dengan Akseptor KB Suntik 3 Bulan di Desa Terung Wetan Krian-Sidoarjo ”.

Berat badan menurun jika hasil penimbangan berat badan lebih rendah dibandingkan berat badan sebelumnya. C. Pengaruh Kb Suntik Terhadap Perubahan Berat Badan Pemakaian kontrasepsi suntik baik kontrasepsi suntik bulanan maupun tribulanan mempunyai efek samping utama yaitu perubahan berat vsfmorocco.com: Nie_Na Pemakaian kontrasepsi suntik baik kontrasepsi suntik bulanan maupun tribulanan mempunyai efek samping utama yaitu perubahan berat badan.

Faktor yang mempengaruhi perubahan berat badan akseptor KB suntik adalah adanya hormon progesteron yang kuat sehingga merangsang hormon nafsu makan yang ada di hipotalamus.

Yang mempengaruhi perubahan berat badan pada wus akseptor kb
Rated 4/5 based on 17 review