Faktor faktor penambahan berat badan pada akseptor kb suntik dmpa

Berat badan bertambah atau naik. Sedangkan pada kontrasepsi suntik bulanan efek samping terhadap berat badan sangatlah ringan, umumnya pertambahan berat badan sedikit Hartanto, Menurut Narudinpenyebab penambahan berat badan dikarenakan oleh keturunan atau genetik karena seorang anak mempunyai kecendrungan menjadi gemuk jika orangtuanya gemuk, genetik juga berperan dalam mempengaruhi fungsi hormon yang mengatur perlemakan dalam tubuh.

Anjurkan klien untuk melakukan diet rendah kalori dan olah raga yang teratur untuk menjaga tekanan darahnya stabil. Edisi No Kamus Besar Bahasa Indonesia.

HUBUNGAN PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN

Pencegahan kehamilan jangka panjang. Tampaknya terjadi karena bertambahnya lemak tubuh, dan bukan karena retensi cairan tubuh. Kontraindikasi kontrasepsi Kontraindikasinya antara lain perempuan hamil atau dicurugai hamil resiko cacat pada janin 7 per Mekanisme Kerja Kontrasepsi Cara kerja kontrasepsi suntikan progestin Saifuddin ; h.

Pada dasarnya perubahan berat badan dipengaruhi oleh beberapa faktor.

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN

Penyebab pertambahan berat badan tidak jelas. Mencegah beberapa penyebab penyakit radang panggul. Dengan adanya nafsu makan yang lebih banyak dari biasanya tubuh akan kelebihan zat-zat gizi.

Rineka Cipta. Informasi Pelayanan Kontrasepsi. Faktor intern: Sebuah penelitian melaporkan peningkatan berat badan lebih dari 2,3 kilogram pada tahun pertama dan selanjutnya meningkat secara bertahap hingga mencapai 7,5 kilogram selama enam tahun.

Definisi Kontrasepsi Kontrasepsi suntik Depo Medroxyprogesterone Asetat DMPA adalah kontrasepsi hormonal yang berisi komponen progesterone yang diberi secara intramuscular IM pada muskulus gluterus maximus bokong dalam jangka waktu 12 minggu, mengandung mg Saifuddin, ; h.

Sebuah penelitian melaporkan peningkatan berat badan lebih dari 2,3 kilogram pada tahun pertama dan selanjutnya meningkat secara bertahap hingga mencapai 7,5 kilogram selama enam tahun.

Sangat efektif. Data Subyektif 1. Apabila pemberian obat tidak menolong dan keadaan bertambah berat, maka hentikan pemakaian kontrasepsi suntik dan ganti dengan kontrasepsi non hormonal e. Beri motifasi bahwa hal ini bukan suatu yang abnormal dan bisa terjadi pada KB suntikan pada bulan pertama.

Statistika untuk Penelitian.dilaporkan sendiri oleh akseptor setelah menggunakan KB suntik DMPA setelah 6 bulan pada penelitian.8 Sebagian besar akseptor KB suntik DMPA mengalami peningkatan berat badan >5% dalam 6 bulan penggunaan.4 Penelitian yang dilakukan Bonny, dkk sebanyak 21% pengguna DMPA mengalami peningkatan berat badan >5% dalam 6 bulan Hal ini.

faktor - faktor yang berhubungan dengan peningkatan berat badan pada akseptor kontrasepsi suntik di puskesmas batahan kecamatan batahan kabupaten mandailing natal Pendahuluan: Kotrasepsi suntik merupakan kontrasepsi hormonal yang efek sampingnya memicu nafsu makan dan meningkatkan berat badan, data kependudukan dan KB tahunpersentase pemakaian kontrasepsi suntik 29,0%.Author: Julina Br Sembiring.

ejournal keperawatan (e-Kp) Volume 3 Nomor 2, Mei FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN IBU PENGGUNA ALAT KONTRASEPSI SUNTIK DMPA (DEPO MEDROKSI PROGESTERON ESETAT) DI PUSKESMAS KUMELEMBUAI KABUPATEN MINAHASA SELATAN Hana Liando Rina Kundre Yolanda Bataha Program Studi Ilmu Keperawatan.

Kajian Faktor-faktor Yang Melatarbelakangi Akseptor Untuk Memilih Kontrasepsi Suntik Di Puskesmas.

Kajian Faktor-faktor Yang Melatarbelakangi Akseptor Untuk Memilih Kontrasepsi Suntik Di Puskesmas

Askeb Akseptor KB Suntik 1 Bln. HUBUNGAN PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN. Kuesioner Pengetahuan Ibu Tentang Kontrasepsi Dengan Keikutsertaan menjadi Akseptor KB. INTISARI. Tri Mei Wulandari. Latar Belakang: Keluarga berencana merupakan pelayanan kesehatan preventif yang paling dasar dan utama bagi vsfmorocco.com banyak wanita yang memilih kontrasepsi hormonal khususnya kontrasepsi suntik dan kontrasepsi pil.

Kedua kontrasepsi tersebut memiliki efek yang sama yaitu terjadinya penambahan berat badan pada akseptor. Pemakaian kontrasepsi suntik baik kontrasepsi suntik bulanan maupun tribulanan mempunyai efek samping utama yaitu perubahan berat badan.

Faktor yang mempengaruhi perubahan berat badan akseptor KB suntik adalah adanya hormon progesteron yang kuat sehingga merangsang hormon nafsu makan yang ada di vsfmorocco.com: Nie_Na

Faktor faktor penambahan berat badan pada akseptor kb suntik dmpa
Rated 0/5 based on 53 review